Skip to main content
Arenasiswa

follow us

10 Tips untuk Menjadi Guru Favorit Agar Disukai Siswa

Guru favorit bukan sekedar embel-embel saja, namun menjadi guru yang banyak disukai siswa adalah impian semua guru. Artikel ini akan membahas rahasia bagaimana cara menjadi guru favorit yang banyak disukai oleh siswa.

Siswa yang telah menjadikan salah satu gurunya jadi favorit semakin lebih simpel dan tidak mudah bosan saat menerima pelajaran yang di ajarkan.

Lain halnya bila siswa tidak suka pada gurunya, sebab pelajaran yang Bapak/Ibu sampaikan seolah begitu sulit mereka terima, bahkan juga malas-malasan dalam belajar. Jadi, jadi guru favorit adalah hal yang cukup utama bagi sosok guru.



Seperti apa Guru favorit dimata siswa? Berikut ini kita akan memberikan tips untuk menjadi guru favorit di kelas untuk siswa. Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Menguasai Materi Pembelajaran

Guru yang menguasai materi mata pelajarannya akan berpengaruh positif pada perkembangan siswa tersebut, karena dengan penguasaan materi guru bisa menyalurkan ilmu secara baik hingga beberapa siswa bisa menyerap ilmu yang sudah di ajarkan.

Bayangin saja jika guru itu tidak menguasai materi murid akan merasa bosan dikelas? Jika gurunya saja tidak paham ditambah lagi peserta didiknya.

2. Berikan Kesan Positif dan Antusias

Sebelum memulai pelajaran, cobalah untuk perlihatkan kesan positif pada beberapa siswa. Beri senyum serta sapa ke mereka supaya mereka merasa nyaman untuk memulai pembelajaran hari itu. Bapak/Ibu harus juga menunjukkan sikap antusias dalam hal semangat untuk mengajar.

Menurut satu riset yang dikerjakan oleh Muhammad Al-Haddad dari Kampus Muhammadiyah Surakarta, motivasi belajar beberapa siswa di sekolah sangat tergantung pada gurunya. Dengan mengutamakan dua sikap tadi, pasti para siswa akan menyambutnya dengan suka cita dalam belajar.

3. Punyai Karakter Aktraktif

Tidak dapat dipungkiri kalau guru yang atraktif dapat mencuri perhatian siswanya. Atraktif di sini bukan pecicilan seperti badut atau lenong. Tetapi atraktif saat guru menyampaikan materi pelajaran.

Saat pembelajaran cara penyampaian menarik serta mudah dipahami oleh para siswanya. Guru yang atraktif dapat membuat kesan "asyik" sepanjang proses pembelajaran berjalan.

4. Guru yang Bersahabat

Ini adalah idola buat para siswanya karena guru yang berteman biasanya mengerti dengan posisi beberapa siswanya. Guru yang bersahabat cenderung memahami mengenai karakter beberapa siswanya hingga memberikan perhatian dan pendekatan-pendekatan yang tepat untuk anak didiknya.

Kalau sudah diberi perhatian dan pendekatan yang sesuai siapa yang tidak seneng. hubungan pertemanan kepada siswa mungkin itu jadi salah satu faktor yang bisa membuat guru favorit di kelas.

5. Jangan Suka Memarahi

Bapak/Ibu sudah pasti akrab dengan arti “Guru Killer”, ‘kan? Jadi seseorang guru, tentunya tidak mau dicap demikian oleh beberapa siswanya. Nah, karena itu, Bapak/Ibu harus dapat kurangi intensitas marah di kelas, ubahlah dengan menasehati secara baik.

Anggaplah diri Bapak/Ibu jadi orangtua kedua yang bisa dijadikan teman curhat buat beberapa siswa. Dengan demikian, Bapak/Ibu akan makin mudah dekat dengan mereka dan dapat mengetahui masalah-masalah apa yang sebetulnya sedang dihadapi mereka yang selama ini menghambat pendidikannya. Jika sudah saling mengerti, rasa marah berganti jadi empati.

6. Guru yang Humoris

Siswa tentu tertarik pada guru humoris, hampir semua siswa di sekolah suka pada guru yang mempunyai humor tinggi sebab dengan dagelan-dagelan yang diciptakan oleh guru pada sesi jeda pembelajaran itu, maka saat belajar di kelas jadi tidak tegang serta kaku.

Sehingga membuat suasana belajar yang menyenangkan dan guru yang mempunyai humor tinggi cenderung mempunyai sikap ramah yang disukai oleh beberapa muridnya.

7. Punyai Karakter Kreatif

Guru yang menjadi favorit banyak siswa ialah guru yang dapat mengubah mata pelajaran yang begitu menjemukan jadi lebih menyenangkan dan tidak seperti biasanya. Umumnya, para guru seringkali menyelipkan kegiatan permainan yang menuntut interaksi seluruh siswa.

Misalnya, waktu itu pelajaran matematika, kami diminta belanja ke toko samping sekolah. Saat itu, guru kami ingin mengajari tentang persen. Siswa lebih suka dengan hadirnya figur guru kreatif dalam proses pembelajaran.

8. Berpenampilan Menarik

Jika yang ini tentu beberapa para siswa benar-benar menyenangi guru yang tampan/cantik sebab mereka mempunyai nilai plus tersendiri di mata beberapa siswanya hingga meningkatkan semangat dalam belajar di kelas.

Bukan hanya cantik atau tampan, guru yang dengan berpenampilan menarik serta rapi akan membuat siswa jadikan bapak/ibu guru itu sebagai favorit.

9. Beri Cerita Motivasi

Beberapa siswa mengaku jika mereka menyukai guru yang suka bercerita saat masuk ke kelasnya. Entahlah itu tentang pengalaman masa kecil atau kejadian lucu pada hari itu.

Ada cerita satu diantara guru di sekolah, setiap masuk kelas ia tetap kasih cerita motivasi semangat buat kami. Jadi kami dapat lebih termotivasi dalam belajar.

10. Pekerjaan Rumah Anti Mainstream

Satu diantara yang diusukai beberapa siswa zaman sekarang ialah guru yang memberikan pekerjaan rumah yang unik. Entah itu hanya sekedar mendengarkan musik atau menonton berita dan film.

Pekerjaan rumah bukan sekedar mengerjakan soal serta menjawabnya, ini yang membuat siswa cenderung malas menyelesaikan soal yang dikasihkan bapak/ibu guru.

Setiap siswa memiliki kriteria tersendiri untuk menentukan guru yang akan jadi idola atau terfavorit yang akan membuat siswa bisa membuat murid tidak bosan dikelas dan mudah memahami pelajaran yang diberikan guru tersebut. Untuk bapak/ibu guru bisa ikuti rahasia diatas menjadi sosok yang disukai murid dikelas.

You Might Also Like:

Oldest PostOldest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar