Skip to main content
Arenasiswa

follow us

10 Makanan untuk Pelajar yang Membuat Otak Jenius

Otak lemot dan mudah lupa bukan lantaran genetik atau tanpa ada alasan, rupanya dapat sekali dikuasai oleh pola hidup sehari-hari.

Otak merupakan organ tubuh paling penting yang bekerja sebagai pusat proses organ tubuh lain lewat skema saraf. Menjaga otak tetap sehat harus dilakukan, supaya otak masih kerja secara baik dan tidak menghambat fungsi organ lain pada tubuh.

Otak yang belum pernah dijaga kesehatannya akan berpotensi mengalami masalah fungsi otak, seperti menurunnya ingatan, demensia, stroke, bahkan juga kanker otak.


Berikut konsumsi 10 makanan ini yang bisa membuat otak kamu cerdas karena bagus bagi pelajar. Yuk simak ulasan berikut ini.

Contents

1. Salmon


Ikan salmon adalah makanan bagus untuk otak, karena kaya akan sumber asam lemak omega 3, DHA dan EPA yang sangat penting untuk fungsi dan pertumbuhan otak anak-anak. Dengan komsumsi ikan salmon setiap hari maka otak Anda akan lebih cerdas.

Penelitian terbaru menunjukkan jika orang yang memperoleh asupan asam lemak lebih banyak mempunyai ingatan lebih tajam dan mencatat hasil memuaskan dalam uji kemampuan. Menurut beberapa ahli meskipun tuna memiliki kandungan asam omega-3, tetapi ikan ini tidaklah sekaya salmon.

Back to Content ↑

2. Telur


Telur dikenal jadi sumber penting protein yang relatif murah dan harga cukup terjangkau. Bagian kuning telur nyatanya padat akan kandungan kolin, suatu zat yang bisa membantu perkembangan memori atau daya ingat.

Menurut studi terbaru dari Washington University membuktikan jika konsumsi satu butir telur per hari selama 6 bulan bisa dengan signifikan tingkatkan fungsi otak. Telur memiliki kandungan kolin dan DHA, asam lemak omega 3.

Back to Content ↑

3. Kacang


Makanan yang bikin otak cerdas adalah Kacang. Makanan atau biji-bijian ini kaya vitamin E dan anti-oksidan yang bisa berperan jadi pelindung beberapa sel otak pada radikal bebas.

Bahkan dari salah satu riset, diketahui jika kacang merah memiliki kandungan banyak asam lemak omega 3, terutamanya ALA yang penting buat perkembangan dan perkembangan fungsi otak.

Back to Content ↑

4. Oatmeal


Oat adalah salah satu jenis sereal paling populer di golongan beberapa anak dan kaya akan nutrisi penting buat otak. Oat bisa menyediakan energi atau bahan bakar untuk otak yang sangat diperlukan anak-anak memulai aktivitasnya pada pagi hari.

Kaya kandungan serat, oat akan mengontrol otak anak terpenuhi kebutuhannya di selama pagi. Oat adalah sumber vitamin E, vitamin B, potassium serta seng yang membuat tubuh dan fungsi otak berperan pada kapasitas penuh.

Back to Content ↑

5. Susu


Susu merupakan akan kaya protein, kalsium, kalium, dan vitamin D yang bagus untuk pertumbuhan tulang, sistem saraf, otot tubuh, serta bagus untuk pertumbuhan otak. Susu sangat di anjurkan bagi pelajar sekolah untuk mencerdaskan otak, baik itu berupa keju, yogurt maupun susu murni.

Selain itu, susu memiliki kandungan zat karbohidrat yang baik untuk mengurangi rasa lapar. Mengonsumsi susu dengan rutin tiap hari, minimal dua kali sehari supaya tubuh sehat, begitu dengan perkembangan otak.

Back to Content ↑

6. Buah Beri


Buah-buahan jenis beri seperti strawberry, raspberry, blueberry dan lain-lain mengandung banyak nutrisi yang penting untuk perkembangan otak. Bukan sekedar daging buahnya saja yang berguna, biji buah beri nyatanya memiliki kandungan asam lemak omega 3.

Bahkan beberapa penelitian membuktikan jika strawberry dan blueberry bisa memperbaiki peranan daya ingat otak, hingga bisa meningkatkan kemampuan daya ingat yang bagus.

Back to Content ↑

7. Biji Labu


Makanan untuk daya ingat adalah biji labu kuning. Biji labu terdapat kandungan anti-oksidan kuat yang melindungi tubuh serta otak dari kerusakan radikal bebas.

Makanan yang biasanya ditemukan pada kolak ini memiliki kandungan seng yang penting untuk isyarat saraf. Diluar itu, magnesium yang dikandungnya baik untuk proses belajar dan ingatan.

Back to Content ↑

8. Sayuran Hijau


Konsumsilah sayuran, walau banyak yang tidak suka pada makanan ini. Sayuran yang memiliki warna adalah makanan yang kaya anti-oksidan. Seperti wortel, sayur-sayuran hijau, labu dan tomat.

Sayuran hijau seperti brokoli adalah sumber vitamin K yang berperan untuk meningkatkan kekuatan otak serta memberi nutrisi supaya otak menjadi lebih cerdas.

Back to Content ↑

9. Alpukat


Satu diantara buah yang baik untuk menunjang perkembangan otak serta kecerdasan ialah buah alpukat. Kandungan lemak baik yang ada pada alpukan mambu memberi energi untuk menunjang beberapa aktivitas sehari.

Selain itu, buah satu ini kaya serat dan vitamin E yang bertindak dalam merangsang pertumbuhan dan perkembangan otak.

Back to Content ↑

10. Kunyit


Makanan yang bagus untuk adlah Kunyit. Kandungan kurkumin pada kunyit membantu mendorong pertumbuhan sel otak, hingga menunda penurunan ingatan karena usia.

Tidak hanya dikonsumsi dengan cara langsung, kamu dapat memperoleh manfaat sehat dari kunyit melalui minuman yang memiliki kandungan ekstrak kunyit atau masakan yang gunakan kunyit jadi bumbu utamanya.

Back to Content ↑

Nah, itulah 10 makanan yang bagus untuk perkembangan otak dan memperkuat daya ingat bagi pelajar. Dengan belajar dan konsumsi makanan tersebut maka otak kita akan lebih cerdas. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar